Songket Silungkang Tenun Khas Sumatera Barat

Songket Silungkang Tenun Khas Sumatera Barat
Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya. Dari keberagaman ini tercipta juga berbagai kekayaan budaya yang beragam. Banyak sekali kerajinan yang diciptakan dari hasil kebudayaan tersebut. Masing-masing daerah memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Kekayaan tradisi dan ilmu ini tentu bisa menjadi suatu potensi untuk mengembangkan daerah tersebut dengan mengangkat kerajinan daerah menjadi icon daerah tersebut sehingga akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain dengan mengenalkan wisata daerah, pengenalan produk etnik daerah juga akan membantu sektor parawisata dalam mendatangkan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Salah satu daerak yang memiliki berbagai macam seni kerajinan adalah Sumatera Barat. Daerah ini memang sangat terkenal dengan kerajinan tangannya. Produk mulai dari sulaman, bordir, renda dan tenunan memang banyak berasal dari daerah ini. Salah satu kerajinan yang terkenal dari Sumatera Barat adalah tenunan khususnya tenunan Silungkang yang lebih sering disebut dengan "Songket Silungkang. Songket Silungkang merupakan tenunan khas dari daerah Sawahlunto yang identik dengan benang emas.

 Songket Silungkang biasa digunakan untuk upacara adat tetapi sekarang juga banyak digunakan untuk acara dinas pada daerah setempat. Penggunaan songket untuk acara dinas dapat menjadi media promosi yang bagus untuk mengenalkan Songket Silungkang ini agar lebih dikenal. Songket Silungkang meniliki kelebihan pada ragamnya seperti Songket Ikat, songket Batabue, Songket Panuah, Songket Banang Duo maupun Songket Selendang lebar. Songket Silungkang dibuat dengan menyilangkan benang lusi atau biasa disebut benang "lungsin" dan benang pakan atau "makao" menurut bahasa setempat. penyilangan dilakukan sesuai dengan bentuk motif yang dibuat.

Pada Songket Silungkang motif yang banyak digunakan adalah motif ukiran minang maupun dari pakaian adat Minang. Selain itu motif songket Silungkang banyak terinsipirasi dari motif alam seperti motif Pucuak Rabuang,motif bunga,burung, sirangkak, balah katupek dan lain-lain. Motif songket Silungkang relatif lebih mudah daripada motif Songket Pandai Sikek. Namun songket ini tidak kalah bersaing dengan songket Pandai sikek karena kesederhanaan motifnya sehingga banyak disukai oleh masyarakat, Bahkan songket ini juga disukai diluar negeri seperti Malaysia dan Brunei,
Songket Silungkang merupakan kain songket tenunan Tradisional yang dibuat dengan ATBM ( alat tenunun bukan mesin) yang merupakan hasil karya penenun daerah Silungkang. Songket Silungkang memiliki ciri khas tersendiri antara lain :
1. Detail motif benag emas maupun silver tidak menutupi seluruh permukaan kain, sehingga lebih ringan dan nyaman dipakai.
2.Memiliki banyak pilihan warna.
3. Bahan lebih mudah untuk dijadikan pakaian seperti pakaian resmi (beskap) kemeja maupun pakaian semiformal.
4. Bahan songket biasa divariasikan dengan bahan sutera, tafeta dan sifon.

Sekian Infonya..Semoga Bermanfaat....


0 Response to "Songket Silungkang Tenun Khas Sumatera Barat"

Posting Komentar