Mengenal Kerajinan Renda Pariaman Sumatera Barat

Pariaman merupakan salah satu kota di Sumatera Barat yang kaya dengan seni kerajinan. Salah satunya adalah renda. Renda Pariaman merupakan kerajinan yang terus dilestarikan. Didaerah Pariaman kita bisa menjumpai beberapa usaha-usaha kecil rumahan yang memproduksi renda. Renda Pariaman biasanya dibuat menjadi souvenir berupa gantungan kunci, alas meja dan sarung bantal. Bahkan sekarang para pengrajin sudah berani memproduksi produk fashion dengan menggunakan renda seperti bolero, gaun, baju anak,sepatu anak,jilbab maupun cardigan. Inovasi ini dapat dilakukan karena mulai tersedianya beragam warna benang tenda. Pada awalnya Renda Pariaman hanya berpaku pada warna krem dan putih sehingga terlihat kurang menarik. Sekarang karena tersedianya warna yang beragam produk yang dihasilkan pun lebih variatif.

Renda Pariaman selain dijual pada UKM di pariaman juga di jual di Bukittinggi. Bukittinggi memang terkenal dengan destinasi wisatanya sehingga cocok dijadikan tempat memasarkan produk renda ini. Di Pariaman aktifitas merenda adalah aktifitas yang dilakukan kebanyakan masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga maupun gadis remaja di waktu luang. Biasanya mereka mengerjakan renda- yang diproduksi oleh UKM dengan sistem upah. Jadi produsen renda memberikan bahan dan alat renda kepada pengrajin untuk dibawa pulang setelah selesai baru di diantar ke UKM. Jadi merenda di Pariaman merupakan salah satu penghasilan tambahan bagi ibu rumah tangga dan remaja putri yang berada di Pariaman.

sumber : http://4.bp.blogspot.com

Ini merupakan contoh produk renda yang telah inovasikan menjadi produk fashion. Masyarakat mulai berani membuat produk Fashion yang anggun dan memiliki nilai jual yang tinggi. Produk ini dibuat dari 100% benang katun dan tidak panas. Bolero seperti ini bisa dipadukan dengan gaun, maupun dengan pemakaian atasan dengan paduan rok atau celana.













sumber : http://lizawati-sulamanindahrangpariaman.blogspot.co.id
Foto disamping merupakan produk lengan yang dihias menggunakakn renda. Lenan rumah tangga yang di produksi seperti alas meja makan, sarung bantal, tempat tisu dan lain-lain. Untuk alas meja makan mereka biasanya memproduksi dua jenis yaitu alas meja persegi dan oval. Dan biasanya untuk lenan di jual Per set.
Sekian Infonya... Semoga Bermanfaat..

0 Response to "Mengenal Kerajinan Renda Pariaman Sumatera Barat"

Posting Komentar