Mengenal Bordir Kerancang Khas Bukittinggi

Mengenal Bordir Kerancang Khas Bukittinggi
sumber :http/http://kerancan.blogspot.co.id
Selain pesona alamnya yang indah Kota Bukittinggi juga terkenal dengan berbagai macam hasil kerajinan tangannya. Berbagai macam produk kerajinan tangan dapat kita jumpai di kota ini. Kerajinan tangan tersebut diaplikasikan ke berbagai produk seperti busana muslim, selendang ,lenan rumah tangga dan mukena. Salah satu kerajinan yag banyak diaplikasikan adalah bordir kerancang. Bordir kerancang ini sangat banyak dijadikan mukena dan peminatnya pun banyak dari luar negeri. Bordir Kerancang ini terkenal karena bentuknya yang unik. Proses pembuatan bordir kerancang membutuhkan waktu yang relatif lama dan keuletan yang tinggi dalam pembuatanya Maka tak heran produk ini pun memiliki harga jual yang tinggi. Hal ini sepadan dengan teknik pembuatan yang membutuhkan keahlian yang mumpuni, kesabaran serta keuletan dalam prosesnya.

.Bordir kerancang halus khas Bukittinggi adalah bordiran halus dengan “lubang lubang” yang terbentuk dari jalinan benang bordir. Lubang lubang inilah yang disebut dengan kerancang. Pembuatan kerancang ini adalah suatu proses yang rumit serta menyita waktu. Seorang pembordir harus memperhitungkan “tarikan” benang ke kain ( bahan dasar ). Apabila tarikan benang terlalu tegang, maka kain disekitar kerancang akan “mengkerut”. Apabila tarikan benang kurang tegang, maka jalinan kerancang akan tidak “padat” dan “rapat”, serta mudah putus karena ketegangan benang bordir tidak sama.

Dahulu proses pembuatan bordir kerancang halus ini sepenuhnya dikerjakan dengan tangan. Tingkat kesalahannya tinggi karena manusia memiliki faktor kelemahan daya tahan serta kelelahan, apalagi mengerjakan sesuatu yang rumit dan serba kecil kecil. Tapi saat ini telah dilakukan inovasi dengan membuat "kerancang instan" yaitu dengan membuat jahitan secara mengeliling membentuk lingkaran, segi empat atau segitiga, kemudian bagian tengah dari lingkaran tersebut ditusuk dengan menggunakan solder panas ( alat untuk mematri ). Hasil tusukan solder panas ini akan meninggalkan lubang yang akan terlihat seperti kerancang.

Proses Pembuatan kerancang instan ini lebih mudah. Cukup dengan membuat bordiran pada bahan dasar, kemudian tinggal menusukkan solder panas pada bagian yang akan dilubangi. Dengan menggunakan mesin bordir, proses pembuatan mukena dengan bordiran kerancang instant ini hanya memerlukan waktu satu hari. Harga jual juga bisa ditekan serendah mungkin karena mukena dengan kerancang instant ini bisa diproduksi massal, tingkat kesulitan rendah, satu mukena tidak harus dikerjakan oleh satu orang, waktu pembuatan yang singkat, apalagi dengan bantuan mesin bordir terkomputerisasi (computerized embroidery machine), akan dihasilkan suatu bordiran seragam dalam waktu yang amat singkat, tinggal memotong motong seukuran mukena dan melubangi dengan solder. Mukena seperti ini dapat dengan mudah ditemukan dipasaran dengan harga yang cukup murah.

Bordir kerancang biasanya menggunakan motif naturalis yang terinspirasi dari alam dan matiif geometris. Selain itu juga dilakukan inovasi pada motif-motif yang telah ada sehingga menjadi motif baru yang memberikan kesan keindahan. Biasanya dalam bordir kerancang terdapat tiga bagian motif yaitu motif utama, motif pelengkap dan motif pengisi.

Sekian infonya ...Semoga bermanfaat..

0 Response to "Mengenal Bordir Kerancang Khas Bukittinggi"

Posting Komentar