Pemilihan model busana anak


Pemilihan model busana anak

Memilih model pakaian yang tepat untuk anak-anak tidaklah terlalu sulit, yang penting model tersebut praktis dan menarik. Model busana adalah bentuk dari suatu busana atau rekaan,lukisan pada lembaran kertas dari seorang pencipta. Ini diperkuat oleh Kiswari (1979: 89) menyatakan bahwa model busana adalah contoh dari busana yang telah jadi atau foto busana yang diperagakan.
Khusus memilih model pakaian anak perempuan menurut Darmaningsih (1985) ada lima dasar model garis model yang banyak digunakan untuk membuat pakaian anak, yaitu basque,empire, princes, a-line dan longtorso. Memilih model pakaian anak hendaklah memperhatikan prinsip-prinsip desain yang baik. Diusahakan adanya perbandingan antara bentuk pakaian dan bentuk tubuh anak, garis-garis dpakai menurut garis mode, begitu juga denganirama, desain serta pusat perhatiannya, pengulangan warna,corak bahan dan kombinasinya. Apabila semua ini dikombinasikan ,maka akan diperoleh irama yang senada dengan jiwa anak, gembira, lincah dan ceria, sehingga anak-anak akan kelihatan menarik.
Model dari busana anak juga bisa terbentuk dri penggabungan beberapa garis, seperti garis vertikal, garis horizontal, garis diagonal, dan garis-garis lengkung. Dengan penerapan beberapa garis ini pada busana secara umum akan tercapai suatu keindahan bagi sipemakai. Garis luar dari suatu pakaian disebut denhan siluet, berikut ini adalah jenis jenis siluet berdasarkan bentuk huruf :
1.       Siluet A, kelihatan pada bagian bahu kecil, sebagian pinggang lebar, makin melebar pada bagian rok, sehingga kelihatan longgar, garis luarnya menyerupai huruf A.
2.       Siluet I, tampak lebar pada bagian bahu, lurus dibagian badan. Kemudian pada bagian rok lebih melebar lagi. Jika diperhatikan akan menyerupai huruf I.
3.       Siluet H adalah siluet yang menyerupai tabung lurus dengan garis sisi seperti huruf H, yang mempunyai garis arah horizontal dapat dibuat dipinggang atau panggul akan tetapi tidak mengecilkan tubuh, dapat juga dibuat seperti rok dan blus hanya saia tidak mengikutu bentuk tubuh.
4.       Siluet T, yaitu bentuk lebar pada bagian bahu, lurus dibagian depan sampai kebagian rok sehingga menyerupai huruf T. Sering ditemui pada bahan busana yang bahan dasarnya rajutan yang lebih dikenal dengan T-shirt.
5.       Siluet S, yaitu bentuk melebar dibagian bahu, kecil pada pinggang dan melebar pada bagian rok. Pada siluet S bagian rok lebih panjang dan lebih lebar dari bagian atas busana.
6.       Siluet Y, yaitu siluet dengan bentuk lebar pada bagian bahu ,makin kebawah makin sempit.
7.       Siluet X, yaitu pengembangan dari siluet S, dimana pada bagian bahu sangat lebar seimbang dengan bagian bawah rok dan pinggang kecil.


0 Response to "Pemilihan model busana anak"

Posting Komentar