Mengenal Jenis- Jenis Jacket (part1)

Jacket adalah busana yang digunakan sebagai pakain luar. Mantel biasa digunakan sebgai penghangat tubuh. Jacket memiliki model yang bermacam-macam. Bahkan ada beberapa negara yang memiliki jacket khas negara mereka. Jacket-jacket ini mungkin dullu memiliki fungsi tersendiri tetapi sekarag sudah banyakk di variasikan sehingga banyak muncul model-model baru. Berikut ini adalah beberapa jenis jacket yang pernah ada:

 Anorak Jacket

Mengenal Jenis- Jenis Jacket (part1)
Anorak jacket merupakan javket pullover (belongsong/kurung) dengan tudung (hood) yang biasa dipakai untuk bermain ski oleh orang Eskimo. Anorak jacket diyakini berasal dari bahasa kepulauan Auletian (kutub utara) yang aslinya terbuat dari kulit anjing laut (seal skin) . Sejak pertengahan abad ke 20, anorak biasa dibuat dari bahan nylon dan serat buatan lainnya. Anorak memakai bukaan depan ritz (tutup tarik) atau kancing-kancing sampai keleher, dan dikenakan untuk melakukan aktivitas olahraga ataupun pakaian santai (casual).





Battle Jacket

Mengenal Jenis- Jenis Jacket (part1)
Battle jacket adalah jacket sepinggang dengan telangkup tunggal (Single Breasted) yang populer serta biasa dipakai oleh tentara Amerika selama perang dunia ke II. Rancangan ini selanjutnya diadaptasi pemakaiannya oleh masyarakat umum.(baik oleh pria maupun oleh wanitanya) setelah perang usai. Battle jacket kemudian secara berlebihan terutama pada bagian pundaknya, berlengan baju panjang dan dipasangai saku-saku tempel berkelepak(flap pockets). Penutup depan model jacket ini adalah ritz (tutup tarik) atau kancing-kancing. Nama lain jacket ini adalah Eisenhower jacket /Ike jacket.




Blazer Jacket

Mengenal Jenis- Jenis Jacket (part1)
Blazer jacket adalah sebuah jacket ringan, umumnya model telangkup tunggal(single breasted) aslinya terbuat dari bahan flanel, motif bergaris-garis atau polos,kadang-kadang dipinggirnya diberi bisban serta berkancing metal. Garis leher Cardigan biasanya juga digunakan pada model jacket ini dan bersaku tempel. Jacket ini juga ada yang bermodel telangkup dobel yang juga berciri khas pada kancing-kancing logamnya, berwarna biru tua maupun warna gelap lainnya maupun bergaris garis.





Bomber Jacket

Mengenal Jenis- Jenis Jacket (part1)
Jaket pendek sepanjang garis pinggang, yang dipakai oleh pilot pesawat tempur dari Royal Air Force (Inggris) maupun pilot dari Angkatan perang Amerika pada perang dunia ke II. yang dipotong pada bagian bahu dengan lengan yang lebar tetapi dikerut atau diberi karet (elastic) pada pergelangan tangannya. Memiliki Ritz pada bagian depan sampai krah yang bisa ditekuk.. Model jaket ini banyak diadaptasi sebagai jacket santai ( casual)baik oleh pria maupun wanita dan dibuat hampir dengan semua bahan kecuali kulit yang dilapisi bulu domba atau dilapisi bahan bulu kapas(pile fabric lining).




Balero Jacket

Mengenal Jenis- Jenis Jacket (part1)
Jaket pendek yang panjangnya diatas pinggang dan mempunyai garis kurve (lengkung) dari tengah depan ke samping. Balero adalah bagian dari pakaian asli yang dipakai oleh banyak penduduk asli Eropa. Seringkali diberi sulaman/ bordir atau jumbai-jumbai turun-temurun sebagai warisan keluarga. Balero aslinya dari spanyol pada abad ke-20 dipakai dengan blouse berleher tinggi dipadukan dengan rok yang panjangnya menyentuh lantai. Selama tahun 1960-an dan 1970-an dihidupkan kembali dengan rok maupun celana . Untuk pakaian pesta malam balero dari beludru sangat populer. Untuk siang hari balero dibuat dengan bahan seperti denim, katun, brocade, dan kulit.



Sekian infonya..Nantikan Part selanjutnya..Semoga bermanfaat..

0 Response to "Mengenal Jenis- Jenis Jacket (part1)"

Posting Komentar