Mengenal Bentuk Dasar Rok

Mengenal Bentuk Dasar Rok
Rok bawah atau skirt merupakan bagian busana yang terendah dalam gaun wanita, yang memanjang kebawah dari pinggang melewati pinggul sampai kebawah. Rok bawah merupakan busana terpisah yang terletakpada bagian bawah garis pinggang. Rok bawah berasal dari abad pertengahan, yaitu pakaian yang menjangkau dari leher sampai ke lutut yang terdiri dari satu bagian atau satu bahan atau biasa disebut draped. Rok pada abad pertengahan biasanya dipakai dengan cara diikatkan. Pakaian ini digunakan oleh wanita ataupun pria pada abad ke-13. Wanita pada zaman Ghotik yang sedang menyusui umumnya memakai pakaian bagian atas yang disebut bodice dan bawahan yang disebut skirt. Dari istilah inilah muncul kata skirt yang kita gunakan sampai sekarang.Perubahan-perubahan pada panjang,lebar, serta bentuk rok bawah mempunyai efek yang sangat menentukan bagi bentuk garis mode (siluet mode). Perubahan panjang rok walaupun hanya beberapa centimeter akan mempengaruhi keseimbangan keseluruhan busana. Garis keliman rok bawah merupakan bagian terpenting dari siluet mode. Garis keliman ini variasi perubahannya lebih sering dibandingkan dengan bagian lainnya.
Ada empat bentuk dasar rok bawah yaitu ;

1. Lurus (Straigh)

adalah rok yang mempunyai jahitan samping lurus yang dibentuk kedalam dengan kerutan,lipatan/ploi,atau kup (dart) untuk menyesuaikan bentuk pinggang.

2. Mengembang (Flared)

Rok bawah yang mengembang merupakan rok yang berbentuk pasak(wedge) yaitu rok yang menambah kepenuhan dari pinngang sampai kelim bawah. Untuk menambahkan kepenuhan rok biasanya ditambahkan Godet atau dengan penambahan ukuran dengan pecah pola yang biasa disebut dengan rok pias.

3. Menyempit kebawah (Pegged)

Rok ini bentuknya kebalikan dari rok mengembang kebawah atau berbentuk pasak terbalik. Pada garis pinggang lebih lebar kemudian menyempit pada bagian bawah kelimnya. Kelebihan pada pinggang dikurangi dengan kerutan (gathers), lipatan (tucks), atau di draper.

4. Lingkaran atau sirkel (Circular)

Rok bawah sirkel bentuknya sangat lebar,ramping pada pinggang dan penuh pada bagian kelimnya. Rok ini bisa berbentuk setengah lingkaran, lingkaran penuh atau beberapa lingkaran yang dijadikan satu.

Sekian infonya...Semoga bermanfaat....

0 Response to "Mengenal Bentuk Dasar Rok"

Posting Komentar