Mengenal Coats (Mantel) Dan Jenis-Jenisnya (part 1)

            Coats atau mantel merupakan pakaian luar yang dipakai diatas busana sebagai pelindung cuaca. Mantel biasa dikenakan pada daerah yang memiliki 4 musim. Coats dipakai untuk keluar rumah pada musim dingin. Coats berawal dari jubah Yunani yang dinamakan "himation"atau toga romawi yang disebut dengan "palla" yang selanjutnya berubah menjadi mantel luar (overcoats) dan mantel jas hujan (raincoats). Pada abad pertengah mantel ini memiliki model tanpa lengan,berupa segiempat panjang,lingkaran baik yang memiliki penutup pada bagian muka ataupun yang memiliki penutup pada bagian punggungnya. Ada juga yang tidak memiliki bukaan pada bagian belakang maupun depan tetapi hanya memiliki lingkar leher yang lebar untuk memasukkan kepala. Pada perkembangan selanjutnya mantel ini dibuat dengan memakai lengan. Ada beberapa jenis mantel, antara lain :

A-Line Coats

Mengenal Coats (Mantel) Dan Jenis-Jenisnya (part 1)
Sebuah mantel dengan siluet garis "A" (A-line) yang melebar pada bagian kelim bawahnya. Bentuk dan model seperti ini sangat populer dikalangan wanita pada awal abad ke-20. Karena penampilannya yang ramping walaupun dibuat dari bahan yang tebal sekalipun. Model ini dapat mengelabui penampilan (flattering) penampilan sehingga pemakai nampak langsing.












Balmacaan Coats

Mengenal Coats (Mantel) Dan Jenis-Jenisnya (part 1)
Balmacaan Coats merupakan mantel atasan (top coats) atau mantel luar (over coats). Model seberti ini biasa dibuat dengan wool kasar dengan krah berukuran lebar kurang lebih 9cm yang bisa dipakai datar atau ditegakkan keatas. Biasanya memakai kantong Vest dengan saku tempel didalamnya. Model jenis ini sangat bermanfaat untuk cuaca dingin. Bagian belakang mantel ini lebih lebar dari pada mantel kotak (box coats) serta bersabuk yang bisa dipakai atau dilepas. Nama Balmacaan Coats berasal dari golongan masyarakat balmacaan dari Scotland (Inggris). mantel atau krahnya biasa disebut "bal" yang sering juga dipakai sebagai jas hujan (raincoats).








Barrel Coats

Mengenal Coats (Mantel) Dan Jenis-Jenisnya (part 1)
Sebuah mantel dengan siluet seperti tong kayu " barrel" atau garis gelondongan benang (spindle line). Model ini dikenakan oleh Cristian Dior untuk koleksi musim gugur dan musim dingin (Autum and Winter)pada tahun 1957 sebagai salah satu karyanya.














Bench Warmer Coats

Mengenal Coats (Mantel) Dan Jenis-Jenisnya (part 1)
Merupakan sebuah tipe dari stadium coats yaitu mantel musim dingin/winter untuk menyaksikan kegiatan olahraga (sport). Desainnya menampilkan hood (tudung) memakai ritz (tutup tarik)pada bagian depan, saku-saku tempel dengan penutupnya. Mantel ini dirancang sepanjang lutut dan dibuat dari bahan melton sejenis wool halus.













Box Coats

Mengenal Coats (Mantel) Dan Jenis-Jenisnya (part 1)
Merupakan mantel dengan bentuk kotak (boxcoats) dengan siluet lurus tanpa garis pinggang sama sekali dengan panjang yang bervariasi. Merupakan mantel luar ataupun mantel atasan,maupun mantel yang menggantung lurus dengan lengan baju licin. Memakai bukaan depan gulbi ataupun sederatan kancing-kancing. Box coats adalah model yang populer digunakan selama dekade 1940-1950 baik oleh pria maupun wanita. Modelnya dibuat dengan model telangkup tunggal maupun telangkup dobel dengan model klepak krah meruncing pada keduanya. Bahannya biasanya dibuat dari bahan cashmere,camel's hair (bulu onta), fleese,(bahan tuas bulu),broadcloth,tweeds dan plaids (kotak-kotak). Biasa digunakan pada musim semi maupun sebagai pelengkap sebuah mantel yang cocok untuk segala suasana.





Canadienne Coats

Mengenal Coats (Mantel) Dan Jenis-Jenisnya (part 1)
Mantel kerja sepanjang pinggul,model telangkup dobel yang bersabuk biasa dipakai oleh para penebang kayu di Canada pada musim dingin. yang juga dipakai oleh serdadu Canada yang ditempatkan di Prancis selama perang dunia ke-II. Model ini mengilhami para perancang busana di Paris untuk memikirkan mantel yang serupa bagi wanita sebagai  mantel jalan yang khususnya praktis dibuat untuk bersepeda, dimana waktu itu merupakan satu-satunya transportasi yang ada.












Sekian infonya...Semoga bermanfaat...Nantikan Part selanjutnya....

0 Response to "Mengenal Coats (Mantel) Dan Jenis-Jenisnya (part 1)"

Posting Komentar