Tips Memilih Bahan dan Memelihara Busana Pesta

Tips Memilih Bahan dan Memelihara Busana Pesta

Busana pesta merupakan busana yang digunakan untuk kesempatan pesta. Pada acara pesta tentu kita ingin memakai busana yang terlihat anggun dan mewah.  Pemilihan bahan yang digunakan untuk pembuatan busana tentu berpengaruh pada bentuk busana yang dibuat. Untuk busana pesta kita bisa memilih bahan yang memiliki pegangan yang lembut dan halus, berkilau dan melangsai atau tidak kaku. Berikut merupakan bahan-bahan yang bisa digunakan untuk pembuatan busana pesta:

1. Sutra (Silk)

Sutra merupakan bahan yang terbuat dari kepompong ulat sutra. Bahan ini merupakan bahan yang berasal dari serat alam. Sutra asli (pure silk) memang mempunyai harga yang tinggi tetapi dipasaran biasanya juga menyediakan bahan sutra campuran dengan harga yang lebih terjangkau. Bahan sutra sutra terasa lembut jika dipegang, berkilat dan melangsai. Bahan ini sangat cocok digunakan untuk busana pesta. Bahan sutra memiliki sifat higroscopis sehingga sangat menyerap keringat sehingga nyaman digunakan saat cuaca panas, selain itu sutra juga terasa dingin saat digunakan. Karena bahannya yang terbuat dari serat alam maka diperlukan cara-cara khusus dalam perawatannya. berikut adalah cara perawatan bahan sutra.

  • Disimpan dalam kondisi kering
  • Mencuci bahan sutra harus menggunakan sabun khusus untuk sutra atau menggunakan sabun dengan Ph rendah seperti sabun bayi.
  • Cuci dengan air hangat dan jangan disikat
  • Bahan sutra tidak boleh dijemur dibawah terik matahari tetapi hanya diangin-anginkan saja.
  • Pada saat menyetrika gunakan suhu rendah agar sutra tidak rusak.

2. Ciffon 

Bahan Ciffon merupakan bahan yang lembut, transparan dan jatuh mengikuti bentuk badan. Bahan Ciffon yang memiliki kualitas bagus akan terasa dingin jika digunakan. Sebagian Ciffon dengan kualitas sedang akan terasa agak gerah ketika digunakan pada saat cuaca panas. Bentuk bahan yang sedikit berkilat akan memberikan kesan mewah pada busana yang menggunakan bahan ini. Biasanya bahan ini digunakan pada selendang, gamis,dress, blouse,bahkan pelengkap kebaya maupun sebagai bahan jilbab. Bahan ini mudah bertiras jadi untuk pembuatan busana menggunakan bahan iniharus segera dilakukan pengobrasan maupun di neci(wolsum). Ciffon juga mudah berkerut jika tersangkut pentul.Berikut ini adalah tips merawat busana dari bahan Ciffon :

  • Sebaiknya dicuci dengan cara manual dengan air sedikit hangat.
  • Jangan digabungkan dengan bahan berwarna lain karena bahan ini mudah menyerap warna.
  • Jangan diperas.
  • Bahan susut oleh air, tetapi setelah kering akan normal kembali.Dalam proses pemotongan bahan sebaiknya bahan direndam dulu sebelum dilakukan proses pemotongan bahan untuk menghindari penyusutan bahan.
  • Setrika dengan temperatur rendah karena penyetrikaan dengan temperatur tinggi akan membuat ciffon berkilat bahkan meleleh. Sebaiknya gunakan alas pada saaat menyetrika busana dari bahan Ciffon.

3. Kain Viscose 

Jenis kain Viscose biasa digunakan sebagai bahan untuk pembuatan busana pesta. Bahan ini terasa lembut dikulit. Selain itu bahan ini juga menyerap keringat dan berkilau sehingga sangat cocok digunakan untuk busana pesta.Tips memelihara busana dari bahan viscose :
  • Pada saat pencucian jangan direndam terlalu lama karena akan mengurangi kekuatan serat kain.
  • sebaiknya dicuci dengan cara manual dan hanya dikucek-kucek. Jangan menggunakan sikat yang memiliki bulu yang kasar untuk mencuci bahan ini.
  • Setrika menggunakan temperatur sedang dan gunakan alas pada waktu menyetrika.
  • Simpan dalam kondisi kering.

4.Kain Polyester.

 Bahan Polyester sering juga digunakan sebagai bahan untuk busana pesta.Bahan ini merupakan bahan sintetis yang terbuat dari bijih plastik. Bahan ini merupakan bahan yang berkilau, licin dan tidak mudah kusut. Bahan ini bisa juga digunakan untuk busana pesta dan merupakan bahan dengan harga terjangkau.Bahan ini kurang menyerap keringat sehingga agak panas jika digunakan. Berikut ini adalah cara perawatan bahan polyester :
  • Cuci menggunakan sikat lembut atau cukup dikucek saja karena seratnya mudah berbulu.
  • Setrika dengan temperatur sedang karena bahan ini mudah meleleh jika terkena panas. Gunakan alas ketika menyetrika
  • Jangan terkena noda ataupun minyak karena akan susah untuk dihilangkan.
  • Simpan dengan cara di gantung dan dalam kondisi kering.
Sekian infonya...Semoga bermanfaat.....

0 Response to "Tips Memilih Bahan dan Memelihara Busana Pesta"

Posting Komentar