Mengenal Jenis Kain Crepe Untuk Pembuatan Busana

Mengenal Jenis Kain Crepe Untuk Pembuatan Busana

Kain crepe merupakan kain yang bertekstur seperti kulit jagung atau seperti keruta-kerutan yang tidak disetrika. Kain Crepe merupakan kain yang bisa dibuat dari serat katun, wool, maupun sutra. Kain Crepe bersifat lentur dan tidak kaku. Memiliki permukaan berteksur sehingga terlihat kasar dan berkerut. Tekstur tersebut dihasilkan dari proses pembuatan kain dalam proses penenunan seperti penenunan yang ketat,memutar atau mengikat serat sebelum menenun, menggunakan pola saat menenun atau menggunakan hiasan timbul pada kain yang sudah jadi dengan alat khusus. Pola hiasan timbul ditambahakan dengan cara ditekan dan dipanaskan. Kain Crepe dapat dihasilkan dari sutra (silk), sutra buatan (silk like) dan katun. Kain Crepe memiliki beberapa variasi antara lain :

Crepe De Chine

Kain ini memiliki tekstur yang halus, ringan dan tidak berkilau. Bahan ini diproses dengan teknik matte finish sehingga tidak berkilau atau mengkilap. kain ini diproses dengan memutar benang wool pada benang pakan (Weft) yaitu benang yang mengarah horizontal dan benang sutra pada bagian benang lusi (Warp) yaitu benang yang mengarah vertikal.

Crepe Georgette

Jenis kain yang tipis yang terbuat dari sutra asli atau sutra buatanyang tidak berkilau atau berkilap. Bahan ini memiliki kelenturan yang bagus sehingga sangat elastis.Jenis kain ini transparan atau tembus pandang. Biasanya dibuat dengan warna-warna pudar dengan tekstur yang kasar. terkadang disebut dengan istilah ciffon. Kain ini memiliki sifat melangsai. Kain jenis ini banyak digunakan sebagai bahan untuk dress wanita, kemeja wanita,gaun,blus dan rok.

Morocan Crepe

Kain ini merupakan kain yang memiliki tekstur berat, kain yang ditenun dengan jalur terbuat dari sutra,rayon atau wool.Jenis kain inidibuat dengan pemutaran benang pada bagian pakan (weft) secara berat. dan menghasilkan kain dengan karakter bergelombang, bertekstur garis/jalur. Kain jenis ini banyak digunakan untuk dres,gaun ataupun setelan jas. Morocan Crepe memiliki nama lain Crepe Marocain.

Plisse Crepe

Jenis kain ini dibuat dengan menggunakan alat bera sejenis rol untuk menghasilkan pola crepe (kerut/kerikil) diatas kain atau dengan cara menggunakan bahan kimia untuk menghasilkan kain seperti crepe(terlihat kerutan). Jenis kain ini biasanya terbuat dari katun yang terbungkus dengan lilin dengan pola bergaris atau berkerikil dan dicelupkan kebahan campuran alkaline. Pada bagian yang tidak terbungkus akan mengerut sehingga menghasilkan garis atau kerut ketika lilin dihilangkan. Hasil bahan ini sangat kuat dan tidak memerlukan penyetrikaan.

Wool Crepe

Dikenal juga dengan istilah Crepon. Merupakan jenis kain yang kuat tapi kasar. Terbuat dari campuran serat sutra dan katun. Efek kerutan pada kain crepe didapat dari pekerjaan benang saat menenun. Jenis kain ini dapat ditenun dengan kombinasi pemutaran benang kiri dan kanan pada kain yang sama atau dengan tingkat keregangan yang berbeda pada benang lusi (wrap) atau dengan menambahkan kerapatanatau ketegangan pada proses pemutaran benang.

Sekian infonya...Semoga bermanfaat...

0 Response to "Mengenal Jenis Kain Crepe Untuk Pembuatan Busana"

Posting Komentar