Pentingnya Teknologi Menjahit Pakaian





                                 
Sejak zaman purba manusia sudah mengenakan pakaian.Pakaian yang yang dibuat dari kulit kayu, kulit binatang, kerang-kerangan,dan daun-daunan.Fungsi dari pakaian ini yaitu untuk melindungi dari cuaca, seperti panas, dingin, dan dari serangan-serangan binatang kecil seperti  nyamuk.Dengan berkembangnya zaman,pakaian yang semula hanya bertujuan untuk melindungi diri, akhirnya pakaian berfungsi untuk memperindah diri.Dan sesuai dengan perkembangannya pakaian dibuat dari bahan seperti ,katun, rayon, nylon, polyester, sutera, dan silk.
Berikut merupakan langkah-langkah dalam pembuatan suatu pakaian :

·         Menetukan model dari pakaian yang akan di buat  

     Dalam pemelihan model pakaian harus di perhatikan sesuai atau tidak dengan, bentuk  tubuh, warna kulit, usia dari si pemakai busana tersebut.

·         Menentukan ukuran

Pengambilan ukuran tubuh seseorang harus dilakukan dengan teliti dan tepat agar busana yang akan kita buat sesuai dengan tubuh orang tersebut.

·         Membuat pola pakaian

Dalam proses ini tidak kalah penting untuk di perhatikan,karena pembuatan pola sangat menentukan hasil pakaian yang akan kita buat.

·         Menggunting bahan harus sesuai dengan batas pola

Dalam menggunting bahan kita harus memeriksa garis pola apakah sudah diberi lebihan kain atau kampuh untuk jahitan.Apabila sudah yakin guntinglah dengan keadaan gunting menggangga.Agar kain yang kita gunting bagus hasilnya.

·         Menjahit pakaian

Menjahit pakaian harus di perhatikan, agar pakaian yang kita buat berkualitas  yang baik.Yang perlu diperhatikan yaitu pengaturan setikan dengan jenis bahan yang akan kita buat.Apabila bahan yang tipis dijahit dengan menggunakan jarum yang berukuran besar maka kain tersebut akan rusak.

Dasar pembuatan model yaitu usaha untuk menjadikan sejumlah bahan menjadi pakaian yang dikerjakan dan diselesaikan dengan berbagai teknik jahit.Teknik-teknik menjahit tersebut antara lain setikan, kampuh, lipit, dan kerutan.Sedangkan penyelesaian pakaian yaitu penyelesaian akhir busana,dimana proses ini juga termasuk proses yang menentukan baik tidaknya suatu pakaian.Disain, ukuran, pola pun harus saling mendukung.Jadi dari semua proses hendaknya kita lakukan dengan baik agar pakaian tersebut bernilai yang tinggi.

0 Response to "Pentingnya Teknologi Menjahit Pakaian"

Posting Komentar