Teknik Mempres Busana

Mengetahui alat-alat pengepresan

.          Pengepresan berasal dari kata “press” yang artinya tekan,jadi kata pengepresan mempunyai pengertian menekan (pressing).Pengepresan termasuk dalam langkah kerja menjahit yang dilakukan untuk menghasilkan bentuk uth dari pakaian.Pengepresan yang dilakukan sebelum menjahit dan selama proses menjahit dan sesudah pakaian selesai dijahit dapat menghasilkan kualitas yang baik (merapikan dan menghaluskan) serta memberikan bentuk tertentu pakaian 

Penggolongan pressing

            Pressing terbagi atas 2 macam yaitu :
            a).Under pressing
               Adalah penyetrikaan yang dilakukan untuk menyetrika bagian-bagian jahitan terbuka dan di desain tertentu untuk sedapat mungkin mendekati bentuk aslinya (manual).
               b). Off pressing
                    Adalah salah satu istilah yang umumnya digunakan untuk menyetrika pakaian jadi,yang dilakukan dengan alat-alat press tertentu untuk sedapat mungkin mendekati bentuk aslinya (garment) 

Alat-alat pressing

 1.  Setrika (irons): merupakan alat yang umum dipakai dalam mengepress,pilihlah setrika yang dilengkapi dengan suhu agar mempermudah dalam pengepressan. Setrika ini bermacam-macam jenisnya,yaitu:setrika uap,setrika biasa,setrika arang.
Teknik Mempres Busana
a. setrika uap
Teknik Mempres Busana
b. setrika biasa
Teknik Mempres Busana
c.setrika aramg








2.  Air (water) : fungsinya sangat berperan sekali dalam pengepresan untuk menghasilkan bentuk yang sempurna.
3.  Lap basah adalah sehelai kain yang dibasahi dan digunakan sebagai alas dalam melakukan pengepressan,dimana lap basah ini langsung diletakkan pada bahan.
Teknik Mempres Busana
lap basah
4. Tabung penyemprot adalah botol yang digunakan sebagai wadah/tempat air (disemprotkan).
Teknik Mempres Busana
air semprotan
5.  Papan setrika:berguna sebagai tempat melakukan pengepresan.Papan setrika yang digunakan disini memiliki ujung yang berbeda,semakin ke ujung semakin kecil.
Teknik Mempres Busana
papan setrika
6.  Hanger adalah alat untuk menggantungkan pakaian sesudah di press agar tidak kusut

Teknik Mempres Busana
hanger


0 Response to "Teknik Mempres Busana "

Posting Komentar