Mengenal Jenis-Jenis Kain Dalam Pembuatan Busana (part2)

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan beberapa jenis kain yang sering digunakan. Pada kesempatan kali ini saya akan menambahkan beberapa jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan busana. Jenis kain tersebut antara lain :

9. Kain Satin 

Mengenal Jenis-Jenis Kain Dalam Pembuatan Busana (part2)

Kain satin merupakan kain yang mengkilat pada bagian muka dan kusam pada bagian belakangnya. Kain satin ini pun memiliki beberapa jenis berdasarkan kualitas satinnya. Satin biasa dengan harga terjangkau biasanya akan cepat berbulu dan sangat mudah rusak bila tersangkut jarum. Oleh karena itu dalam proses pembuatan busana harus hati-hati, jangan sampai tersangkut jarum karena seratnya akan rusak.

10. Kain Rayon

Mengenal Jenis-Jenis Kain Dalam Pembuatan Busana (part2)
Kain rayon merupakan yang menyerupai sutra sehingga biasa dsebut sutra buatan. dalam industri tekstil kain ini disebut sebgai rayon viskosa. Rayon merupakan kain yang berkilau dan tidak mudah kusut. Bahan ini biasa dipakai sebagai bahan baku baju batik.

11. Kain Sutra

Kain sutra merupakan kain yang berasal dari serat alam. Serat ini berasal dari kepompong ulat sutra. Sutra asli memiliki harga yang mahal dan kita harus hati-hati membeli bahan sutra karena tidak semua toko kain menyediakan sutra asli. Terkadang ada juga yang menyediakan sutra campuran. Sutra asli memiliki tekstur yang lembut, cenderung tipis,dapat meyerap keringat dengan baik sehingga nyaman digunakan. Sutra tidak bisa dicuci dengan deterjen karena akan merusak serat, pencucian sutra harus menggunakan sabun khusus kain sutra atau sabun dengan ph rendah untuk menjaga kekuatan serat dan warna kain.

12. Kain Denim

Mengenal Jenis-Jenis Kain Dalam Pembuatan Busana (part2)

Kain denim banyak dipakai untuk pembuatan celana dan jaket. Tekstur kain ini cenderung kasar dan tebal. Pada awalnya pemakaian denim ini digunakan sebagai celana penambang karena bahannya yang tebal dan dapat menahan panas. Tetapi sekarang denim telah benyak diproduksi sebagai celana santai dengan berbagai macam model.

13. Kain Lycra

Kain licra adalah jenis kain yang bertekstur lembut dan elastis. Kain ini biasa digunakan sebagai bahan celana dalam.

14. Modal ( Polynosic)

Modal atau Polynosic biasa dikenal dengan nama Avril, hightell,vincell,zantrel dan lainnya. Modal merupakanselulosa yang diregenerasi, sejenis rayon viscosa dengan polimerisasi yang lebih tinggidan memiliki struktur microfibril dengan panjang molekul 2 kali lipat dari rayon. Kekuatan lebih tinggi tetapi daya mulur( elastisitas) lebih rendah. Modal dapat dicuci dengan deterjen biasa. Dalam proses menyetrika dapat disetrika dengan suhu sedanga agar bahan licin dan terlihat berkilau.

15. Aramid

Aramid banyak digunakan sebagai bahan untuk baju pemadam kebakaran, pembalap mobil dan motor. Aramid termasuk jenis Nylon yang merupakan bahan yang tahan api, tahan suhu api dan terbakar pada suhu 53 Celsius.

Sekian Infonya...Semoga bermanfaat..


0 Response to "Mengenal Jenis-Jenis Kain Dalam Pembuatan Busana (part2)"

Posting Komentar