Mengenal Jenis-Jenis Jacket(Part 3)

Pada artikel mengenal jenis-jenis jaket part 2 telah dikelaskan beberapa jenis jaket. Karena banyaknya model jaket yang pernah ada maka pada postingan kali ini saya akan menambahkan keterangan beberapa jenis jaket lainnya. Model jaket memang mengalami perubahan dari waktu ke waktu tetapi dengan mengenal jenis jaket yang pernah ada akan memberikan inspirasi untuk membuat model baru atau membuat inovasi dengan model yang pernah ada. Berikut adalah jenis-jenisnya:

Draped Jaket
Mengenal Jenis-Jenis Jacket(Part 3)

Sebuah jaket yang menampilkan desain krah ataupun lapel (kelepak) yang jatuh menggantung(draped). Jaket ini berkesan feminim sehingga sering digunakan untuk acara yang bernuansa romantic. Dibuat dari bahan yang memiliki ketebalan tipis sampai sedang. Umumnya dipakai sebagai jaket tambahan pada acara yang modis pada suasana pesta. Jaket ini sering juga dsebut dengan nama Filled jaket.

Drizler Jaket
Mengenal Jenis-Jenis Jacket(Part 3)

Bentuk jaket luar sepanjang pinggang yang biasanya dipakai untuk bermain golf yang berciri pemakaian ribbing (bahan ban rajutan) pada pinggang dan pada manset lengan bajunya. Model ini sudah sangat populer sebagai jaket harian.

Down Jaket
Mengenal Jenis-Jenis Jacket(Part 3)

Jaket dengan panjang sepnggang yang biasanya terbuat dari bahan nylon yang diisi dengan bulu-bulu halus burung atau angsa diantara bahan atas dan lapisannya.

Duffle Jaket
Mengenal Jenis-Jenis Jacket(Part 3)

Sebuah jaket kotak (box jacket) tanpa lapisan dalam(lining) sepanjang lutut dan bertudung(hooded) yang terbuat dari bahan wool yang kuat, berkancing khusus dari kayu disebut togles memakai hemp loops (sengkelit tali rami). Awalnya berasal dari Norway dan diadaptasi sebagai bagian dari busana angkatan laut Inggris selama perang dunia ke-II. Dipopulerkan sekitar tahun 1950 sebagai sport jacket baik untuk pria maupun wanita.

Double Breasted Jacket
Mengenal Jenis-Jenis Jacket(Part 3)

Potongan dan bentuk dasar dari jaket,mantel dan gaun yang memperkenankan satu sisi dari bagian depan menelangkup keatas sisi depan lainnya untuk beberapa centimeter. Over coat (mantel luar dan storm coat (mantel badai) pada umumnya dibuat dengan telangkup dobel (double breasted) untuk kehangatan dan perlindungan ,juga untuk mengelabui bentuk badan pria yang lebih besar, seperti halnya bentuk tubuh wanita yang berproporsi ample (Besar melebar). Istilah double breasted juga dipakai untuk sebuah jaket,Waistcoats/vest maupun mantel luar outcoat dimana bagian badan yang satu menumpang diatas bagian yang lain pada bagian depan. Ada dua deretan vertikal kancing-kancing dan deretan tunggal dari lubang kancingnya dengan biasanya ada satu kancing lagi dibawahnya untuk menguatkan.

Field Jacket
Mengenal Jenis-Jenis Jacket(Part 3)

Sebuah tipe jaket untuk berburu,dikarenakan bahan yang dipergunakan adalah katun yang sangat tebal maka memakan waktu yang lama untuk mempopulerkannya, bagaimanapun jaket jenis ini sangat tahan lama dan cocok untuk lingkungan yang keras. keistimewaan dari jaket ini adalah krah yang dibuat dari bahan yang berbeda, dalam hal ini pemakaian bahan corduroy (semacam bahan bertuas bulu-bulu garis. Jaket ini memiliki nama lain Barn jaket.

Hacking Jacket
Mengenal Jenis-Jenis Jacket(Part 3)

Merupakan jaket pas badan(fitted) bertelangkup tunggal (single breasted) yang melebar dari bagian pinggangnya yang membentuk diatas pinggul dengan satu belahan yang terletek dibagian belakang. Aatau belahan samping, dipotong sedikit lebih panjang daripada jaket sport pada umumnya, bersaku miring yang dikenal dengan nama "hacking pocket" dengan saku kecil yang dikenal "ticket pocket" atau "change pocket" letaknya diatas saku bawah pada bagian kanan. jaket ini dipakai sejak abad ke-19 untuk menunggang kuda dan diadaptasi sebagai busana yang modis selama akhir abad ke-20.. Jaket ini memiliki nama lain yaitu Equetrian jacket.

Sekian infonya...Semoga bermanfaat...


0 Response to "Mengenal Jenis-Jenis Jacket(Part 3)"

Posting Komentar