Mengenal Jenis-Jenis Inspirasi Model Rok

Rok bawah atau skirt merupakan bagian busana yang terendah dalam gaun wanita, yang memanjang kebawah dari pinggang melewati pinggul sampai kebawah. Rok bawah merupakan busana terpisah yang terletak pada bagian bawah garis pinggang. Rok bawah berasal dari abad pertengahan, yaitu pakaian yang menjangkau dari leher sampai ke lutut yang terdiri dari satu bagian atau satu bahan atau biasa disebut draped. Rok pada abad pertengahan biasanya dipakai dengan cara diikatkan. Pakaian ini digunakan oleh wanita ataupun pria pada abad ke-13. Wanita pada zaman Ghotik yang sedang menyusui umumnya memakai pakaian bagian atas yang disebut bodice dan bawahan yang disebut skirt. Dari istilah inilah muncul kata skirt yang kita gunakan sampai sekarang. Seiring berkembangnya zaman banyak muncul berbagai macam model rok. Berikut adalah beberapa jenis rok yang pernah ada :

Accordion Pleats
Mengenal Jenis-Jenis Inspirasi Model Rok

Accordion Pleats adalah model rok yang memiliki plot-plot yang rata,lembut,halus dan sempit. Plot-plot itu dibuat dengan cara dijahit atau disetrika dengan bahan kimia. Rok dengan model plot-plot ini digunakan sebagai rok untuk pesta dansa selama abad ke 19. Pada awal abad ke 20 plot ini menjadi sangat populer selama tahun 1920-1950.

A-line Skirt
Mengenal Jenis-Jenis Inspirasi Model Rok

A-line skirt adalah rok yang dibuat menegmbang tidak terlalu lebar dari pinggang sampai kelim bawah. Dibuat mengembang pada kedua sisinya seperti huruf A. Rok model ini telah dikenal sejak tahun 1955. Nama lain rok ini adalah semi flared skirt.

Apron Skirt
Mengenal Jenis-Jenis Inspirasi Model Rok

Apron adalah sepotong bahan yang dikerut dan diberi ban tali atau biasa disebut celemek.Apron dipakai pada badan bagian depan dengan ditalikan kebelakang pada pinggang. Apron digunakan sebagai pelindung pakaian agar tidak kotor sewaktu bekerja. Apron merupakan  bagian yang tertua dari pakaian. Pada hakikatnya model apron tidak berubah sejak zaman mesir kuno hingga sekarang. setelah lebih kurang 500 tahun apron muncul lagi dan menjadi bagian mode (fashion). Dalam fashion apron dibuat dari bahan-bahan yang bagus. Selama akhir abad ke 19 apron dibuat dari bahan sutra dan dihiasi renda-renda atau bordir misalnya fancy apron, cocktail apron. Pada masa kini apron menjadi bagian dari gaun. Pada tahun 1950 muncul apron model panjang dan pendek dari bahan katun bercorak ramai. Apron bercorak ramai ini dibuat sebagai pakaian rumah bukan sebagai pakaian untuk keluar.

Ballerina Skirt

Mengenal Jenis-Jenis Inspirasi Model Rok
Ballerina skirt adalah rok bawah penuh yang panjangnya sampai diatas mata kaki. Model rok ini terkenal pada tahun 1950.

Ballon Skirt
Mengenal Jenis-Jenis Inspirasi Model Rok

Ballon skirt adalah rok bawah yang dibentuk dengan dikerut pada bagian pinggang dan dijahit membentuk garis lengkung menuju lutut dan dijahit kerut pada kelim lapisan rok bawahnya (lining).

Bamboo Short Skirt
Mengenal Jenis-Jenis Inspirasi Model Rok

Bamboo Short Skirt adalah rok yang berlapis-lapis pada setiap sambungannya dam membentuk kelopak bertumpuk seperti tunas bambu (rebung). Rok dengan model ini biasa dipakai untuk pakaian malam. Rok ini populer pada tahun 1920 an. Diperkenalkan oleh Lanving Jeanne (1867-1946)

Sekian infonya...Semoga bermanfaat..



0 Response to "Mengenal Jenis-Jenis Inspirasi Model Rok"

Posting Komentar