Tips Berpakaian Saat Wawancara Kerja

Tips Berpakaian Saat Wawancara Kerja

Penampilan merupakan suatu hal yang penting. Pada pertemuan pertama tak jarang orang menilai hanya dari penampilan. Penampilan memberikan informasi tentang bagaimana jati diri anda. Penampilan yang baik tentu akan memberikan pengaruh yang baik juga bagi orang yang melihatnya. Selain pengaruhnya terhadap orang sekitar anda penampilan yang baik tentu akan menambah percaya diri.
Wawancara kerja tentu merupakan moment penting bagi seorang pencari kerja. Penampilan yang baik tentu akan membuat anda lebih percaya diri dan perlu untuk membuat pewancara anda terkesan. Penampilan yang menarik untuk bekerja bukanlah penampilah yang berlebihan, cukup sederhana tetapi tetap terkesan kasual.
Berikut adalah trik untuk tampil menarik saat wawancara kerja :

Sesuaikan pakaian dengan bidang pekerjaan yang diajukan  

Setiap bidang pekerjaan tentu akan menampilkan kesan tersendiri dalam berpenampilan. Bidang pekerjaan formal seperti bank, perusahaan negara dll tentu menuntut penampilan yang formal seperti pemakaian kemeja, jas, rok span, celana pantalon, blazer maupun setelan. Tetapi untuk bidang yang  non formal dan industri kreatif anda dapat mengenakan mengkreasikan penampilan anda dengan menggunakan kemeja dan celana. Anda dapat memberikan warna pada penampilan anda dengan penambahan ikat pinggang maupun scraft.

 Pemilihan warna

Pemilihan warna juga berpengaruh dalam penampilan anda. Hindari memakai warna yang terlalu mencolok. Pemakaian warna terang bisa dikombinasika dengan warna gelap sehingga menghasilkan kesan ceria namun tetap formal. Anda dapat memadukan kemeja merah anda dengan blazer hitam dan rok hitam. Atau memilih menggunakan warna analogus dalam penampilan anda, misalnya anda memadukan kemeja biru lembut dengan blazer biru tua.

Hindari kesan seksi

Pemakaian kemeja yang terlalu ketat maupun rok yang terlalu pendek tentu akan memberikan kesan buruk pada pribadi anda. Pemakaian busana seksi akan memberikan kesan tidak profesional .Sebaiknya hindari pakaian yang terkesan seksi pada wawancara kerja anda. 

Jangan menggunakan busana yang terlalu kasual

Pemilihan busana yang terlalu kasual juga tidak bagus pada wawancara kerja anda. Penggunaan blazer dengan kemeja berwarna gelap tentu akan membuat penampilan anda terkesan monoton. Tampillah sesuai pribadi anda. Jangan paksakan untuk berpakaian yang terlalu kasualjika anda tidak percaya diri dengan penampilan tersebut. Penampilan sesuai dengan style anda tentu akan membuat mood anda lebih baik.

Penggunaan aksesoris

Untuk menunjang suatu penampilan, tidak jarang seseorang menambahkan aksesoris dalam penampilannya. Pada wawancara kerja pemakaian aksesoris perlu diperhatikan. Janganlah memakai aksesoris yang mencolok dan berlebihan karena hal tesebut dapat mengganggu konsentrasi anda dan dapat mengalihkan perhatian pewawancara. Jika anda ingin menggunakan aksesoris pilihlah yang memiliki model simpel.

 

0 Response to "Tips Berpakaian Saat Wawancara Kerja"

Posting Komentar