Sulam Pita Dan Aneka Kreasi Cantik Bersulam Pita

            Sulam pita merupakan salah satu seni menyulam yang mempergunakan pita sebagai bahan. Sulam pita adalah salah satu teknik menghias kain dengan cara menjahitkan pita secara dekoratif ke atas benda yang akan dihias sehingga terbentuk suatu disain hiasan baru dengan menggunakan berbagai macam tusuk-tusuk hias
    
Ciri-ciri sulaman pita adalah:
-            Menggunakan pita dengan berbagai jenis dan ukuran.
-            Memberikan efek tiga dimensi pada benda lebih besar karena ukuran pita yang lebih besar.
-            Hasil sulaman pita lebih dekoratif karena bahan pita yang lebih beragam.
            Jenis- jenis sulam pita
a.       Sulam pita Jepang
          Pada dasarnya sulam pita jepang tidak jauh berbeda dengan sulam benang. Hanya saj yang satu menggunakan benang sulam sedang yag lainnya menggunakan pita. Bentuk sulaman dan cara pengerjaannya sama. Pada sulam benang dikenal teknik French knot, flying stitch sampai chain knot. Begitu pula pada sulam pita Jepang. Pengerjaan sulam pita jepang dilakukan dengan cara langsung disulam pada produk aplikasi. Jenis pita yang digunakan biasanya pita satin. Sulam pita Jepang biasanya digunakan untuk hiasan di baju, taplak meja, tempat tissue, dll.
b.           Sulam Pita Eropa
  Sulam Pita Eropa, bentuk dan cara membuatnya benar-benar berbeda dengan Sulam Pita Jepang. Pengerjaan sulam pita dilakukan dengan cara merangkai terlebih dahulu pita yang akan direkatkan. Kemudian baru di rekatkan atau dijahit pada produk aplikasinya. Jenis pita yang biasanya digunakan adalah pita organdi. Sulam Pita Eropa biasanya sigunakan untukcorsage, pajangan dengan bingkai, hiasan di tas, dll.
Sulam pita dapat diaplikasikan untuk berbagai macam produk, baik untuk hiasan pakaian, kerudung, bandana, tas, atau untuk mempercantik dekorasi rumah. Misalnya untuk menghias taplak meja, bantalan kursi, bahkan untuk hiasan dinding. disini saya akan memberikan sedikit pengetahuan dan keterampilan praktek saya mengenai cara membuat sulam pita, selamat mencoba...

2.  Bahan dan Peralatan
          Menyulam pita tak asing lagi bagi mereka yang pernah menyulam benang. Beberapa teknik pada dasarnya sama hanya bahannya saja berbeda. Unsur benang tidak sama sekali di tinggal kan, karena untuk membuat batang dan tangkai, benang membuat kesan lebih rapid an cantik. Bentuk pita untuk ukuran yang terkecil sekalipun tetaplah jauh lebih lebar dari benang maka jarum yang digunakan adalah jarum yang berbatang besar dan berlubang lebar. Pita yang digunakan bukanlah pita khusus. Seiring dengan perkembangan fungsinya, variasi pita baik dari segi jenis,ukuran, warna serta kualitas pun makin beragam.
a.     Bahan
1.        Pita
Pita merupakan bahan dasar dalam menyulam. Pita tersedia dalam berbagai variasi berdasarkan jenis dan ukurannya.  Ada berbagai macam pita berdasarkan jenis bahannya yaitu:
-       Pita Satin
     Bahannya sedikit tebal, seratnya rapat dan warnanya mengilat. Pita satin tersedia dalam bebagai macam warna dan ukuran, yaitu 2 inci, 1 inci, ½ inci, ¼ inci, dan 1/8 inci. Berdasarkan karakteristik bahannya pita satin cenderung kaku.
-             Pita Organdi
Bahannya tipis, sangat ringan, transparan dan seratnya renggang. Terdiri dari bebagai macam warna dan ukuran yang sama dengan pita satin. Pita organdi tersedia dalam bebagai variasi, ada yang berlipitkan emas dan perak. Karekteristik bahan pita organdi lembut dan memudahkan untuk menyulam.  
2.        Benang Sulam
Dipergunakan untuk membuat batang dan tangkai daun agarterkesan rapid an cantik. Agar sulaman halus, gunakan 2-3 helai benang. Penggunaan banyak benang memang mempercepat pekerjaan menyulam, tetapi hasil akhirnya tampak kasar.

3.     Jarum sulam
Jarum yang cocok digunakan adalah jarum chenille. Jarum tajam dengan batang besar dan lubang lebar dengan nomor 15-18. Untuk menyulam batang ataupun tangkai gunakan jarum yang biasa digunakan untuk menyulam benang.

4.     Kain
Kain terbagi menjadi tiga, yaitu serat alam, serat sintetis, dan gabungan keduanya. Pada dasarnya semua jenis kain dapat digunakan. Sebagai pemula, sebaiknya gunakan kain belacu. Selain murah, belacu memiliki serat kain yang tidak rapat. Penarikan pita akan lebih mudah dilakukan. 

5.     Kertas
Digunakan untuk membuat motif atau pola yang akan diciplakkan pada kain atau bahan. Untuk pola atau motif yang berulang, gunakan kertas yang tidak mudah sobek, misalnya kertas Samson. Jika tidak menemukan kertas Samson, gunakan kertas putih biasa untuk membuat polanya. Ketika akan diJiplakkan pada kain atau bahan kertas pola tersebut dilapisi plastic bening pada bagian atas pola, agar pola tidak mudah koyak

6.     Pembidang/Ram
      Pembidang digunakan untuk membentang kain. Kain yang membentang kaku akan memudahkan penarikan pita, terutama jika menggunakan kain yang bertekstur rapat dan pita yang berukuran besar. Tetapi jika menggunaka bahan yang melar, jangan ditarik terlalu kencang.

7.    Karbon

       Berguna untuk menjiplak gambar atau motif yang telah dibuat ke bahan atau kain. Gambar yang  sudah disalin tidak akan cepat terhapus. Jejak karbon akan hilang jika kain dicuci.
Berikut adalah contoh pengaplikasian sulam pita

Sulam Pita Dan Aneka Kreasi Cantik Bersulam Pita

Sulam Pita Dan Aneka Kreasi Cantik Bersulam Pita

Sulam Pita Dan Aneka Kreasi Cantik Bersulam Pita

Sulam Pita Dan Aneka Kreasi Cantik Bersulam Pita

Sulam Pita Dan Aneka Kreasi Cantik Bersulam Pita

Sulam Pita Dan Aneka Kreasi Cantik Bersulam Pita


Sulam Pita Dan Aneka Kreasi Cantik Bersulam Pita

Sulam Pita Dan Aneka Kreasi Cantik Bersulam Pita

0 Response to "Sulam Pita Dan Aneka Kreasi Cantik Bersulam Pita"

Posting Komentar