Kemeja Pria Serta Syarat Pemilihan Kemeja Pria




Kemeja adalah sebuah baju yang biasa dikenakan oleh laki-laki.  Kemeja biasanya dibuat dengan lengan pendek dan lengan panjang.  Kemeja biasanya dibuat dengan bahan katun, linen maupun dengan bahan batik. 

Ciri- Ciri kemeja

1.       Memakai kerah
2.      Memakai belahan dan manset
3.      Memakai belahan biasa dan tersembunyi
4.      Memakai kancing kemeja
5.      Memakai kantong

Syarat Bahan Untuk Kemeja

Syarat-syarat bahan untuk kemeja dapat disesuaikan dengan sipemakai, waktu dan kesempatannya.
Bahan yang digunakan untuk membuat busana kemeja hampir sama dengan busana lainnya yang terdiri dari bahan utama yaitu bahan tekstil dan bahan pembantu.
a.       Bahan Tekstil
Baik tidaknya suatu pakaian tergantung dari kecocokan bahan dengan desain yang telah disesuaikan dengan bentuk tubuh sipemakai. Karena bahan dapat memberikan efek pada sipemakai apakah keliatan lebih besar / kecil, atau lebih tinggi / pendek. Bahan tekstil memiliki beberapa sifat yang dapat membedakan bahan yang satu dengan bahan yang lainnya. Seperti yang diketahui asal serat tekstil terbuat dari serat alam dan serat buatan. Bahan yang terbuat dari serat alam diantaranya wool, sutera, katun dan sebagainya. Namun tidak semua bahan yang berasal dari serat alam mempunyai sifat yang sama. Misalnya wool mempunyai sifat hangat, sutera mempunyai sifat lembut, kuat, mudah menyerap air dan nyaman di badan. Sedangkan bahan katun merupakan bahan yang mudah dalam perawatannya, menyerap air, lembut, kain terasa sejuk bila di pakai kuat, dan higroskopis. Untuk pakaian pria ketiga jenis bahan tersebut dapat digunakan tergantung dengan pemakaian dan kesempatan penggunaanya.Misalnya: bahan wool dapat digunakan pada waktu musim hujan, bahan sutera bisa digunakan sebagai bahan dasar dasi sedangkan bahan katun penggunaannya lebih variatif lagi, seperti untuk pakaian kerja, pakaian santai dan lainnya
b.      Benang
Untuk menjahit pakaian diperlukan benang jahit. Benang yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan jenis bahan yang di jahit. Benang yang digunakan adalah benang jahit, yaitu benang yang digunakan untuk keperlun menjahit. Halus kasarnya benang yang digunakan harus di sesuaikan dengan jenis bahan yang akan di jahit. Halus kasarnya benang ditunjukkan dengan nomor benang. 
c.       Kancing
Ada dua macam kancing yang ada dipasaran yaitu:
1.      Kancing yang tidak berkaki jenis kancing ini ada yang berlubang dua dan empat.
2.      Kacing Berkaki pada busana pria jenis kancing yang tidak berkaki lebih banyak digunakan.
d.      Vliselin
Vliselin digunakan untuk memberi bentuk pada pakaian. Agar pakaian yang dihasilkan terlihat lebih baik

Pemilihan  warna dan corak

Kini semakin banyak pilihan warna, model, motif maupun bahan untuk busana pria terutama untuk kemeja. Dimana pria tidak tabu lagi mengenakan kemeja dengan warna yang lebih cerah dan trendy, bukan cuma putih, biru muda, krem atau warna-warna konservatif lainnya. Tapi untuk memilih warna yang paling serasi, pria harus mengenali warna kulitnya. Pria yang berkulit hitam sebaiknya menghindari warna yang terlalu mencolok.  Miasalnya jas abu-abu tua dengan kemeja putih dan dasi warna terang akan memberikan efek warna yang bagus pada kulit gelap.
           Pada pria berkulit cokelat, dengan kemeja warna terang akan lebih menarik dari pada jas cokelat tua. Sedangkan pria berkulit putih sebaiknya menghindari warna-warna pucat yang membuat penampilan tampak lebih pucat. Jas biru tua dengan kemeja biru muda akan membuat penampilan pria berkulit putih lebih elegan. Memadukan warna suit dan kemeja bukanlah hal yang sukar, namun tak bisa dianggap hal sepele

.Ada dua patokan yang bisa dijadikan pegangan dalam pemilihan warna yaitu pemakaian warna harmonis dan warna kontras. Warna harmonis adalah mengkombinasikan warna yang sama dengan nuansa yang berbeda. Misalnya: mengkombinasikan suit biru tua dengan kemeja biru muda, dasi biru tua dan sepatu hitam. Namun penggunaan warna kontras adalah cara yang efektif untuk menarik perhatian, asalkan kombinasinya pas. 

0 Response to "Kemeja Pria Serta Syarat Pemilihan Kemeja Pria"

Posting Komentar