Jenis-Jenis Lengan

Kali ini saya akan berbagi info tentang jenis-jenis lengan. Lengan tidak hanya merupakan bagian busana yang menutupi bagian tangan, tetapi juga untuk memperindah model suatu pakaian. Selain itu bahan yang digunakan juga berpengaruh terhadap bentuk lengan. Untuk membentuk model lengan yang diiginkan ada juga syarat-syarat bahan yang diperlukan. Karena jika bahan yang digunakan tidak sesuai maka hasilnya akan berbeda dari model yang diinginkan. Jadi ketika kita menentukan model lengan suatu pakaian, jenis bahan yang digunakan harus menjadi pertimbangan utama. Berikut adalah jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat
       1.       Lengan licin
Jenis-Jenis Lengan

Lengan licin adalah lengan yang tidak berkerut pada bagian atas maupun bawahnya. Lengan ini adalah model yang paling dasar karena dalam pembuatan polanya belum memerlukan pecah pola. Sehingga hanya memakai pola dasar. Lengan licin ini banyak dipakai karena bentuknya yang simpel dan cara menjahit yang tidak ribet. Lengan jenis ini banyak digunakan pada blus, kemeja, dan daster.
     2.       Lengan gelembung
Ialah lengan yang berkerut pada bagian atas dan bawah. Lengan ini sangat sering digunakan pada gaun anak. Bahan yang cocok untuk lengan ini adalah bahan yang agak kaku sehingga dapat membentuk gelembung yang bagus. Bisa juga menggunakan bahan yang melangsai tetapi kerutannya diperbanyak dan bentuk kerutannya harus halus agar gelembung lebih kelihatan dan lebih cantik.
     3.       Lengan gelembung atas
Lengan gelembung atas adalah lengan yang membentuk gelembung pada bagian atasnya. Lengan ini memakai kerutan yang banyak pada puncak lengan dan sedikit kerutan diujung lengan, sehingga gelembung dominan pada puncak lengan. Oleh karene itu namanya lengan gelembung atas. Bahan yang cocok digunakan untuk membuat lengan ini hampir sama dengan bahan membuat lengan gelembung.
     4.       Lengan lipit
Ialah lengan yang mempunyai lipit pada bagian kerung lengannya. Lipit yang digunakan biasanya lipit searah. Pada bagian pola diperlukan penambahan ukuran kerung lengan untuk membuat lipit. Bentuk lengan seperti ini dapat diperoleh dengan pemakaian bahan yang agak kaku.
     5.       Lengan puncak
Ialah lengan yang berkerut pada bagian puncak lengannya saja. Lengan jenis ini hampir mirip dengan lengan gelembung atas, bedanya lengan puncak tidak memiliki kerutan pada bagian bawah.
    6.       Lengan lonceng
Jenis-Jenis Lengan

Ialah lengan yang lebar pada bagian bawah dan pada bagian atasnya polos (licin). Lengan lonceng ini sering digunakan untuk gaun. Bahan yang digunakan adalah bahan yang melangsai sperti silk, ceruti dan bahan melangsai lainnya.
     7.       Lengan setali
Ialah lengan yang menjadi satu dengan badan. Jadi pada lengan jenis ini tidak terdapat kerung lengan karena menyatu dengan bagian badan. Jenis lengan seperti ini banyak terdapat pada model baju kaos, baju tidur, baju olahraga maupun baju bayi. Bahan yang digunakan biasanya bahan sejenis rajutan dan bahan-bahan kaos.
   8.       Lengan reglan
Jenis-Jenis Lengan

Ialah lengan yang menjadi satu dengan badan bagian atas, hampir sama dengan lengan setali tetapi pada lengan reglan memiliki potongan dari sebagian kerung leher sampai akhir kerung lengan. Hampir sama dengan lengan setali, jenis lengan ini juga sering digunakan pada baju olahraga, baju kaos dan baju tidur. Bahan yang digunakan bisa bahan rajutan maupun kaos.
    9.       Lengan tulip
Jenis-Jenis Lengan

Lengan tulip ini biasa juga disebut dengan lengan kuncup mawar. Lengan ini terdiri dari dua bagian yaitu depan dan belakang. Setiap bagiannya terbuat dari + ¾ lengan puncak. Setelah kedua bagianditumpukkan, bentuknya akan menyerupai bunga tulip atau kuncup mawar.
    10.   Lengan glade
Jenis-Jenis Lengan


Ialah lengan yang pada bagian lingkar lengannya merupakan gladde atau lipatan kearah luar. Model lengan jenis ini banyak ditemukan pada jas dan busana kerja lainnya. Bahan yang digunakan adalah bahan yang kaku. bahkan dalam pembuatannya menggunakan bahan pelapis agar lebih kaku.
   11.   Lengan slit
Ialah lengan yang pada bagian lingkar lengannya merupakan kerutan atau lipit yang sekaligus menjadi manset. Lengan slit juga terdiri dari 2 bagian masing-masing sebesar ¾ puncak lengan.

0 Response to "Jenis-Jenis Lengan"

Posting Komentar